Info Lengkap

Berbagi Informasi yang Bermanfaat

5 Situs Terbaik Untuk Tes Kecepatan Website

Kecepatan loading blog atau website sangat perlu dipertimbangkan bagi Anda pemilik sebuah blog, dengan loading blog yang cepat tentu akan membuat pengunjung blog tidak bosan karena lama menunggu.

Selain itu dengan loading blog yang cepat juga akan membuat pengunjung blog Anda kemungkinan besar akan juga membuka artikel-artikel lain dalam blog Anda, sehingga akan meningkatkan page view blog Anda.

Ada banyak cara untuk mempercepat loading blog, salah satunya adalah dengan mengupload gambar yang sudah di kompres sehingga berukuran kecil.

Menggunakan template AMP atau menggunakan layanan CDN (Content Delivery Network) juga terbukti bisa mempercepat loading blog atau website.

Berapa detik atau menit kecepatan loading blog yang baik?? Standar kecepatan loading blog yang baik adalah di bawah 8 detik, lebih bagus lagi jika kurang dari 5 atau 3 detik.

Untuk menguji kecepatan blog atau website ada 4 situs yang bisa Anda gunakan:

PageSpeed Insight

Situs atau website untuk tes kecepatan sebuah web yang pertama adalah menggunakan PageSpeed Insight cara penggunaannya adalah:
  • Buka developers.google.com/speed/pagespeed/insights.
  • Masukkan url atau alamat blog atau website yang ingin di uji.
  • Kemudian klik Analisis untuk mulai menganalisa.
  • Tunggu 1 atau 2 menit sampai tampil hasil ujinya berupa skor 0 - 100.

Jika skornya antara 90-100 berarti blog yang Anda uji termasuk cepat, jika mendapat skor 50-89 berarti blog yang Anda uji sedang (rata-rata) dan jika di bawah 50 berarti blog yang Anda uji lambat.

GTmetrix

Situs kedua untuk tes kecepatan website adalah GTmetrix, Anda bisa langsung membuka alamat web gtmetrix.com, kemudian masukkan alamat web yang ingin di tes kecepatannya kemudian klik Analyze. dan tunggu prosesnya sampai selesai.


Untuk skornya menggunakan huruf A untuk yang tercepat sampai F untuk yang lambat.

Pingdom Tools

Situs yang ketiga yang saya rekomendasikan untuk tes kecepatan internet adalah Pingdom Tools, untuk menggunakannya silahkan kunjungi alamat web tools.pingdom.com.

Masukkan url blog yang ingin di tes dan kemudian klik Start Test, tunggu sekitar 1 menit dan hasilnya akan tampak seperti gambar berikut ini:


Web Page Test

Situs yang keempat yang dapat Anda gunakan untuk cek kecepatan website adalah Web Page Test, silahkan buka alamat webpagetest.org.


Masukkan url blog atau website yang ingin di tes, Pilih Lokasi dan Browser yang digunakan untuk tes, setelah itu klik START TEST, dan tunggu sampaihasil tesnya ditampilkan.

Tes My Site With Google

Situs yang kelima yang dapat Anda gunakan untuk menguji kecepatan website adalah situs Tes My Site With Google. Untuk menggunakannya caranya adalah dengan membuka url testmysite.withgoogle.com.

Masukkan url web yang ingin di uji, kemudian klik tombol submit untuk mulai menguji.

Untuk pengujiannya sendiri situs ini menggunakan koneksi 3G, alasannya adalah 70% dari jaringan internet di dunia masih menggunakan koneksi 3G atau yang lebih lambat lagi sampai tahun 2020.

Dan hasil pengujiannya adalah sebagai berikut:


Jangan kaget jika ternyata hasil pengujian pada beberapa alamat website di atas menghasilkan skor atau nilai yang berbeda-beda, ini karena ada perbedaan cara penilaian-nya saja.

Tapi yang paling penting dari semua itu adalah koneksi internet yang di pakai pengunjung untuk membuka blog Anda, meski blog Anda sudah di buat se-ringan mungkin namun jika koneksi internetnya yang lemot yang tetap aja loading-nya bakalan lama 😊
Disqus Comments

Popular Post